Kamis, 08 Maret 2012

tugas komputer

search engine, merupakan situs mesin pencari dan pelacak informafi berdasarkan kata kunci tertentu, misalnya google.com,altavista.com,dan lain sebagainya.

Portal yang merupakan pintu gerbang untuk melakukan akses terhadap situs- situs di internet, misalnya netscape.com,yahoo.com, bimasakti.com, diffy.com, dan lain sebagainya. semua portal tersebut pada umumnya juga menyediakan mesin pencari. portal juga memiliki banyak fasilitas. berikut ini adalah beberapa fasilitas yang terdapat pada portal yahoo!.

Situs Perusahaan, merupakan situs yang dibangun oleh perusahaan untuk menyajikan profil, informasi produk, atau melakukan transaksi online. contoh situs ini adalah klikbca.com dan kompas.com

Situs pemerintahan, merupakan situs yang dibangun oleh suatu instansi pemerintahan baik pemerintah daerah pemerintah pusat maupun departemen dan badan usaha milik neraga, misalnya semarang.go.id dan jogja.go.id

Situs lembaga, merupakan situs yang dibangun oleh lembaga atau komunitas yang bergerak dalam bidang tertentu, misalnya bidang pendidikan, sosial dan budaya, atau yang lainnya. sebagai contoh ugm.ac.id


1. Pelacakan Alamat Berdasarkan Kata Kunci Melalui Mesin Pencari

kalian dapat memanfaatkan fasilitas mesin pencari yang disediakan pada portal yahoo.com, atau situs mesin pencari seperti google.com, atau mesin pencari yang terdapat pada situs-situs tertentu. Jika ingin mahir mencari informasi di dalam internet, kalian perlu selalu mencoba menggunakan fasilitas mesin pencari dan belajar merumuskan kata kunci yang tepat. Untuk melakukan pelacakan terhadap alamat alamat URL dari situs - situs search engine, ikutlah praktik berikut ini.




I. Tujuan Membuat Website...

Dalam membuat sebuah website ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum Anda memulainya.
Pertama, Anda bisa mengajukan sebuah pertanyaan kepada diri Anda sendiri yaitu “Apa tujuan Saya membuat website?” dengan menjawab pertanyaan tersebut dapat mengarahkan pikiran Anda untuk menentukan dan menjawab pertanyaan selanjutnya yaitu, “Website seperti apa yang akan saya buat untuk mencapai tujuan tersebut dan bagaimana cara membuat websitenya.”
Mengapa dimulai dengan mengajukan pertanyaan tersebut? Karena diharapkan nantinya website yang kita buat sesuai dengan yang kita inginkan dan bisa membawa kita mencapai tujuan yang kita inginkan dalam membuat website. Jangan sampai website sudah selesai Anda buat tetapi website yang Anda buat tidak sesuai dan tidak bisa menjadi media atau sarana untuk mencapai tujuan Anda.
Perlu Anda ketahui, jenis website itu bermacam-macam, ada yang hanya satu halaman sederhana saja seperti website ini, ada yang memuat beberapa halaman seperti website perusahaan, ada yang menggunakan sistem blog dan sering disebut juga blog atau weblog (website blog), ada yang menggunakan sistem CMS (Content Management System) seperti joomla, ada yang berupa forum diskusi, ada yang berupa website iklan baris, ada yang berupa website toko online dan ada yang lebih kompleks lagi seperti website komunitas friendster.
Anda perlu memulainya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut sebelum Anda membuat website. Sehingga nanti Anda bisa memutuskan website seperti apa yang paling cocok dan sesuai untuk mencapai tujuan Anda. Karena masing-masing jenis website yang saya sampaikan diatas memiliki fungsi yang berbeda-beda.
Contoh bila Anda ingin menjual berbagai macam produk, Anda membuat website toko online; bila Anda ingin menjual satu jenis produk saja bisa dengan satu halaman sederhana saja atau lengkap dengan menggunakan sistem pemesanannya; bila Anda ingin membuat website portal Anda bisa menggunakan Joomla; bila Anda ingin membangun branding dan mempublikasikan artikel bisa menggunakan blog; dan lain-lainnya. 

  CARA MEMBUAT E-MAIL
CAra membuat email paling mudah. Ya ..hari gene belum bisa bikin email..plis deh..Emang lahir tahun berapa Bung... MERDEKA..TApi emang tak ada kata terlambat untuk belajar, terutama membuat email..wajar ahja jadi ayo mulai melek teknologi dengan bikin email di google. PERTAMA berdoa semoga komputernya nyala koneksinya stabil KEDUA harus niat bikin email untuk di gunakan denga semestinya..ingat UU ITE bisa dipenjara kalo menulis sesuatu yang melawan hukum di EMAIL..INGAT EMAIL TIDAK SAMA DENGAN SURAT ! KERAHASIAANNYA GAK TERJAMIN, dan punya konsekuensi hukum kalo mngirim email pitnah dll. GIMANA masih mau membuat email...baik ikuti langkah2 nya
Okelah langsung aja saya berikan langkah-langkah membuat email di gmail (google.com)

cara membuat email 1. Langkah paling awal, siapkan koneksi internet, bukan browser, saya sarankan untuk memakai mozila fire fox, karena lebih enak dan cepat menurut saya J

cara membuat email 2. masukan alamatnya urulnya http://mail.google.com/ atau kamu juga bisa masukan dulu http://google.co.id, kemudian klik menu gmail pada bagian atas jendela google


cara membuat email 3.Kemudian pilih menu [sign up ke gmail]

cara membuat email 4. Lalu masukan identitas kamu pada formulir pendaftaran, untuk langkah-langkah pengisian sangat mudah sekali, dan hamper sama dengan cara pengisian pada layanan email di Yahoo.com, kalau kesulitan dalam mengisi karena formulir berbahasa inggris, tinggal gantit aja bahasanya pada pojok kanan sebelah atas jendela formulir pendaftaran. Pilih bahasa sesukamu, tapi maaf kayaknya untuk bahasa jawa tidak ada tuh… yang ada Cuma bahasa Indonesia

cara membuat email5.Untuk pengisian verifikasi kata, jika sulit dibaca, bisa diganti dengan klik pada simbul kecil yang ada disebelah kanan kotak isian verfikasi kata.

cara membuat email 6.Kalau sudah diisi semua, tinggal klik menu [Saya menerima. Buatkan akunku].. udah deh selesai

cara membuat email 7. untuk mencoba menampilkan emailmu, lansung aja klik menu [saya siap – tampilkan account saya]

cara membuat email 8.Kamu akan di bawa ke dalam jendela kotak masuk email kamu, untuk pertama kali ada satu pesan masuk dari gmail sendiri. Untuk membukanya, ya tinggal klik aja pesan yang tampil ada kotak masuk.

cara membuat email 9.Untuk keluar dari gmail kamu harus klik sign-out, dan jangan langsung klik exit pada jendela browser kamu. Karena kalau kamu tidak sign-out dan langsung klik exit, nanti suatu saat jika ada orang lain yang membuka layanan gmail, maka yang tampil adalah account gmail kamu… bisa bahaya kan???? Hal ini bisa terjadi kalau kamu akses internetnya di warnet, kalau akses internet di pc pribadi sih tidak masalah.

Jika sudah sign-up dan kamu ingin membuka email, langkahnya buka http://mail.google.com, jika sudah tampil jendela gmail, masukkan id gmail, dan paswod kamu, kemudian klik [masuk] maka kamu akan di bawa ke kotak masuk gmail kamu…

Kalo pasang modem yang buat internet di laptop gimana seh?

 - Yang Terpenting Pastikan Modem yang anda Gunakan Sudah
Dikenal sama OS yang ada di laptop ( Terinstall Driver )
cek dulu di Controlpanel, setting, modem Quering, status modem &
driver Harus Ok.
- Biasanya Semua Produk Simcard yang beredar sudah dilengkapi
untuk Gprs,Mms ,Wap Dll Tinggal Anda Daftar dulu/registrasi. Hub
Nomor Penyedia Layanan dari Card Yg anda gunakan Nanti Anda
Akan DI arahkan aktifasi bisa 1x 24Jam.
- Catat nama UserDomain dan Nomor Server Untuk Dialupnya.
- Jika tidak ada utility manager pendukung dari driver modem .untuk
koneksi internet atau DialUp internet maka Buat
dial up secara manual, Syarat ketentuan jika driver modem sudah
terinstall dengan baik. maka dialUp akan bekerja.
Caranya : Pada winXp Start menu - Control Panel - Doubleklik NetworkConection - create new connection - Next - Next lg - pilih setup my connection manually - Next ( using dial modem ) Buat nama ISP ( apa aja ) next - Nomor server -contoh *99****1# masukkan user dan pasword dari provider card yg anda pakai contoh user indosat passwr indosat,-Next Cek add to sorthcut - FINISH
Untuk Referensi : saya juga pengguna iM2 Indosat, SmartJump(cdma) dan sy biasa menggunakan Ponsel ke Laptop untuk Internetan. Semoga Membatu

 

Search Engine dan Web Directory

         Di dunia internet ada dua macam tipe search engine atau pencarian situs yaitu Search engine (mesin pencari) dan web direktori. Untuk lebih jelas lagi, simak penjelasan di bawah ini :

      Search engine adalah sistem database yang dirancang untuk mengindex alamat-alamat website di internet . Untuk melaksanakan tugasnya ini, search engine atau mesin pencari memiliki program khusus yang biasanya disebut spider crawler. Pada saat Anda mendaftarkan sebuah alamat website (URL), spider dari search engine tersebut akan menerima dan menganalisa URL tersebut lalu mengcrawlnya.
      Dengan proses dan prosedur yang serba otomatis, spider ini akan memutuskan apakah web yang anda daftarkan layak diterima atau tidak pada search engine tersebut. Jika layak, spider akan langsung menambahkan alamat URL tersebut ke sistem database mereka. Rangking-pun segera ditetapkan dengan algoritma dan caranya masing-masing. Jika tidak layak, terpaksa Anda harus bersabar dan mengulangi pendaftaran diwaktu yang lain. Jadi semua yang namanya search engine, pasti memiliki program yang disebut Spider crawler. Dan program inilah yang sebenarnya menentukan posisi web site Anda di search engine tersebut.
      Contoh beberapa search engine terkenal adalah : Altavista, Google, Excite, Northern Light, Hotbot, dan masih bayak lagi. 


     Berbeda dengan web directory yang meng-index halaman website di internet secara manual. Manual yang dimaksud adalah mereka menggunakan orang biasa untuk menganalisa setiap halaman web yang masuk. Tidak menggunakan spider atau crawler seperti halnya search engine. Keunggulan directory dibanding search engine adalah memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dengan kualitas yang relatif lebih baik. Tapi karena semua proses dilakukan secara manual (menggunakan editor manusia), jumlah database yang dimiliki bisasanya jauh lebih kecil dibandingkan dengan search engine.
      Itulah sebabnya sekarang ini banyak perusahaan yang mengelola directory menerapkan sistem ganda, yaitu menggunakan directory + search engine. Contoh nyata adalah Yahoo yang menggandeng Google sebagai search engine default-nya. Contoh beberapa directory terkenal selain Yahoo adalah Open Directory Project, Looksmart, dan NBCi.

 

 

Jenis Jenis Jaringan Komputer


Jenis Jenis Jaringan Komputer

    1. Local Area Network (LAN)

      Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

2. Metropolitan Area Network (MAN)


Note: Klik gambarnya agar lebih jelas
       Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

3. Wide Area Network (WAN)


          Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

4. Internet

    Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

5. Jaringan Tanpa Kabel

          Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

Pengertian Sistem Oprasi

   


apple_vs_windows_vs_linux
      Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
        Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.
        Perangkat sistem operasi merupakan bagian terpenting didalam menjalankan suatu perangkat komputer. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjembatani antara pengguna dan perangkat keras yang dipergunakan yaitu komputer.
Adapun Sistem operasi tersebut bersifat :
Multiuser : dapat digunakan oleh banyak user
Multitasking : dapat melakukan banyak tugas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lanjut PDKT Nggak Ya?

Gue pernah suka sama cewek. Dia nggak cantik-cantik banget. Dia juga nggak seksi-seksi banget, tubuhnya cukup rata untuk di...