Jumat, 16 Maret 2012

Shuffle dance 'fever'

LMFAO. Booming dengan hitsnya yang berjudul ‘Party Rock Anthem’. Bersamaan dengan itu pula, demam shuffle dance pun ikut menjadi fenomena. Kata-kata ‘Everyday I’m shuffling’ di dalam lagu itu pun jadi trend termasuk di Indonesia. Shuffle dance merupakan street dance yang pertama kali dibawakan oleh kelompok dance dari Melbourne, Australia. Shuffle Melbourne (begitu namanya) membawakan tariannya ini sekitar pada tahun 1980an. Sebenernya pencipta awalnya si  Paula Abdul, seorang koreografer pada tahun 1980an. Jenis dance ini ngetrend di Australia sekitar pada tahun 2004 dan sampai di Indonesia sekitar tahun 2006.


Sekilas tarian ini mirip dengan gerakan moon walk ala Michael Jackson karna  sama-sama menempelkan kaki pada lantai dan menyeretnya *sok yakin deh gue*. Yap, sesuai dengan arti shuffle itu sendiri. Nah, bagi mereka yang menarikannya akrab disapa shufflers. (Gue juga pengeeen jadi SHUFFLERS)



Dalam video klip yang dipopulerkan oleh LMFAO ft. Lauren B ini pun menampilkan shuffle dance dalam video klipnya. Lewat video klip ini pula lah di akui oleh banyak remaja mengenal shuffling. Gerakan dance yang ini agak berbeda dengan dance yang lainnya, karena tariannya menitikberatkan ke kekuatan kaki. Shuffle dance lebih menggabungkan gerakan tangan dengan kaki yang lebih berfokus pada tumit. Gerakannya seputar langkah hopping atau geser yang dilakukan sedemikian rupa pada kecepatan tertentu dan terlihat seperti seorang pelari.

Macam-macam gerakan Shuffle yang umum adalah Runningman, Shuffle, Glide, Spin, Spin and Kick dan Extreme Spin. Running Man adalah gerakan berlari di tempat, tapi gak berpindah serupa dengan orang yang berlari dengan menggunakan kecepatan yang teratur . Sedangkan Shuffle adalah pengembangan dari runningman dengan berpindah ke kanan kiri atau depan belakang di ikuti dengan hentakan kaki. Gerakkan glide spin dan glide serta extream spin adalah pengembangkan yang awal atau dasar geraknya adalah runningman dan shuffle.

Shuffle dance ini juga selain terlihat keren dalam gerakannya juga mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, antara lain bisa mengurangi berat badan karena ber-shuffle selama 10 menit sama dengan treadmill selama 30 menit *Ini alesan gue makin pengen shuffle, karna bisa nurunin berat badan coooy*. Selain itu bisa nyehatin badan karena semua indera kita dipakai dalam tarian ini. Bisa melatih keseimbangan tubuh juga loooh. Jadi selain untuk tempat menyalurkan hobi dance dan life style, juga bermanfaat untuk kesehatan. 

Di kampus Poltek Telkom, ada juga komunitas shuffle dance namanya Lake Owl Shuffle Squad. Lake? Mungkin karna mereka latihannya di danau kampus Telkom. Komunitas ini digandrungi angkatan 2010 dan 2011 mahasiswa Politeknik  Telkom. Merasa terpanggil juga? Ayo, shuffling sekarang juga :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar